Mencari merk dan performa sel surya terbaik

Seorang kawan yang saya kenal melalui Blog ini sempat mengirimkan email bertanya tentang performa dan studi perbandingan tipe tipe sel surya yang ada di pasaran. Sayangnya saya sendiri waktu itu belum memiliki informasi yang beliau butuhkan. Saya sendiri melupakan informasi tersebut yang sejatinya sangat penting di Blog ini, terutama untuk para calon pengguna atau calon pengusaha sel surya di Indonesia. Mengingat sungguh banyaknya merek sel surya di pasaran, baik yang ‘built in” atau yang jenis “rakitan” . Saya katakan demikian karena sel surya ini sudah tumbuh dan berkembang sebagai sebuah industri dengan berbagai skala, baik itu skala kecil-menengah atau skala besar yang melibatkan jaringan global.

Betul jika dapat dikatakan bahwa insutri sel surya tengah menggeliat. Dengan dukungan pemerintah negara setempat dalam bentuk fasilitas fiskal maupun peraturan lain dalam bingkai kebijakan energi terbaharukan, industri sel surya saat ini tidak hanya diramaikan oleh industri-industri raksasa semisal, BP Solar (anak perusahaan BP -British Petroleum), atau Shell Solar (anak perusahaan minyak Shell), atau Sanyo Electrics. Saat ini industri sel surya juga tengah merambah industri kecil menengah yang mempu merakit, memasang serta memasarkan sendiri sel suryanya. Sebagai contoh, di Korea Selatan sendiri sudah banyak berkembang industri kecil menengah yang memproduksi sel surya untuk apliaksi perumahan serta fasilitas umum.

Yang dimaksud dengan industri kecil-menengah ini ialah industri yang cukup dilakoni oleh kurang dari 50 pegawai saja dan memproduksi sekian sel surya yang volume produksinya dikonversi dengan sekian kilo-Watt per tahunnya. Biasanya, industri keci-menengah sel surya ini menerima pesann dari perusahaan-perusahaan besar untuk membuat beberapa komponen sel surya, maupun merakitnya sendiri dengan melabelinya dengan merk sendiri tentunya. Perbedaan industri sel surya kecil-menengah dengan industri besar sel surya ialah ada pada jumlah volume produksi sel surya per tahunnya. Industri besar biasanya memproduksi sel surya setara dengan sekian Mega-Watt pertahun.

Dengan makin maraknya sel surya di pasaran, baik dari segi asal negara, produsen maupun jenis sel surya silikonnya, maka informasi berkaitan dengan spesifikasi teknis maupun performa sel surya silikon menjadi beralasan, mengingat konsumen sel surya pasti sangat membutuhkan spesifikasi maupun tingkat efisiensi sel surya yang paling baik dan yang paling berpotensi mendatangkan keuntungan.

Well, justru kawan tesebutlah yang beberapa hari kemudian memberitahu saya bahwa ada sebuah link bagus untuk keperluan menjejaki sel surya silikon apa yang terbaik sekaligus melihat-lihat pembuat dan merk-nya. Ii berguna sekedar untuk perbandingan dan gambaran awal ketika hendak membeli sel surya.

Link yang dimaksud dapat diakses lewat alamat di bawah dan contoh tampilannya saya potong dan tempel di Blog ini. Niat memasukkan daftar tsb ke Blog dalam bentuk gambar atau file Word tidak kesampaian dikarenakan oleh besarnya file tsb jika disimpan di Word… sayang space-nya…(^_^). Mudah-mudahan halaman web tsb tidak dihapus atau berpindah alamat.
Link ke List of Eligible Photovoltaic Modules, Consumer Energy Center (CEC), California Solar Initiative

(Contoh daftar tersebut. Klik gambar untuk memperbesar tampilan)

merk-performa-sel.jpg

Daftar yang dikeluarkan CEC ini sangat bagus karena selain kita dapat melihat produsen sel surya, dapat pula dicermati teknologi apa yang telah digunakan untuk membuat sel surya atau material jenis apa yang dijadikan bahan sel surya.

Sebagai contoh, AstroPower, perusahaan sel surya terkemuka dari Amrik memproduksi sel surya jenis “single crystal silicon“, jenis yang termahal namun paling efisien dari sel surya silikon. Single crystal  ini berarti material silikon yang dipakai untuk menyerap sinar matahari terdiri dari kristal tunggal yang sebesar sel itu sendiri, tanpa batas butir atau kristal yang lebih kecil.

single-crystal-silicon.jpg
(Contoh gambar sel surya jenis single crystal silicon. Perhatikan warna hitam gelap merata dari sebuah silikon yang merupakan sebuah kristal tunggal).

Perusahaan lain, BP Solar misalnya, memproduksi “polycrystalline silicon” yang berkebalikan dengan single crystal made in AstroPower. Silikon yang dipergunakan ialah silikon dengan banyak kristal dengan ukuran beragam di dalam satu sel. Mungkin yang berlatar belakang ilmu material, atau fisika material paham akan hal ini. Namun perlu dicatat bahwa efisiensi sel surya silikon jenis polycrystal biasanya lebih rendah sedikit dari sel surya jenis single crystal, keuntungannya sel surya ini lebih murah.

polycrystal-silicon.jpg
(Gambar sel surya jenis polycrystalline silicon. Perhatikan warna biru gelap, muda dan warna terang akibat pantulan sinar matahari oleh kristal-kristal penyusun sel. Kristal dapat terlihat ibarat serpihan-serpihan kaca dengan warna yang berbeda)

First Solar Inc. memproduksi jenis lain dari sel surya. Bahan yang dipergunakan ialah senyawaan CdTe (cadmium telluride atau cadmium telurida). Biasanya CdTe ini dipergunakan untuk aplikasi sel surya di luar angkasa pada awalnya, semisal pada satelit atau stasiun ruang angkasa.

Jenis-jenis sel surya berikut rekor efisiensinya dapat ditelusuri di artikel berjudul Efisiensi Sel Surya dari Masa ke Masa di blog ini. Tidak semua sel surya yang dikembangkan di laboratorium telah mencapai tahap produksi atau pemasaran. Sejauh ini, masih sel surya jenis silikon yang masih dominan di pasar.

Daftar tersebut juga menampilkan data berapa output daya yang dikeluarkan tiap tiap jenis dan merk sel surya dari tiap perusahaan. Yang perlu dicermati ialah adanya perbedaan dari daya maksimum yang dirilis oleh perusahaan sel surya dengan hasil pengujian CEC.

Saya ambil contoh acak. Sharp Corporation mengeluarkan sebuah produk sel surya dengan output daya maksimum 187 Watt, namun pengukuran CEC memperlihatkan bahwa output daya maksimum sekitar 167.8 Watt. Hal ini terbilang wajar mengingat adanya kemungkinan lingkungan ketika pengukuran daya sel surya dapat berbeda di setiap negara, atau daerah terkait dengan kekuatan intensitas sinar matahari di tempat yang bersangkutan.

CEC juga memberikan catatan bahwa metode pengukuran daya sel surya yang dipakai berbeda dengan yang dipakai oleh perusahaan ketika hendak menguji produknya.

CEC menggunakan pengukuran pada kondisi 1000 Watt/m persegi irradians dengan suhu tempat pengukuran sebesar 20 derajat Celcius, dan kecepatan angin sekitar 1 m/detik. Sepanjang pengetahuan saya, bisa jadi ini merupakan pengujian sel surya yang langsung diterapkan di lapangan, meski saya kurang paham bagaimana teknis pengujiannya. Besarnya iradians sekitar 1000 Watt/m persegi ini merupakan besaran rata-rata iradians sinar matahari yang jatuh ke permukaan bumi ketika matahari berada di titik kulminasi (biasanya tengah hari nan terik).

Berbeda dengan pengujian sel surya di perusahaan. Parameter pengujian yang dikenal dengan Standard Test Condition atau STC biasa dipakai. STC ini dilakukan dengan menggunakan sebuah “Solar simulator“, yakni sebuah alat yang mensimulasikan besaran iradians sinar matahari dengan beberapa kondisi tertentu, semisal suhu pengujian, dsb. Dari data solar simulator ini, data-data mengenai besaran efisiensi sel dan output sel dapat dengan mudah diperoleh tanpa perlu melakukan pengukuran di lapangan. Pengujian dengan Solar simulator juga dipakai di laboratorium untuk mengecek efisiensi sel surya yang tengah diteliti.

So.. siapa yang mau beli? (^_^)

Acknowledgement

Trims untuk Mas Rizal Herawan yang telah susah payah mencari data perbandingan performa sel surya CEC sebagaimana saya akhirnya dapat bahas di sini…..

About these ads

29 Comments

Filed under Pendidikan Sel Surya

29 responses to “Mencari merk dan performa sel surya terbaik

  1. ngodod

    Wah, kelihatannya lebih menarik beli Mac dulu deh Kang. wekekeke….
    [sambil menahan air liur gara2 liat gambar macbook air...]

  2. terimakasih mas.. infonyha meanrik,, jadi lebih banyak referensi. apalagi bagi kita2 yang pemula…

  3. ciwid

    salam,
    kak adhi…
    klo di indo sudah ada yang produksi blum ya..?
    jaz wondering…
    (^_^)

  4. Adhi

    Well…..

    Sampai sejauh ini belum ada yg memproduksi sel surya di Indonesia. Namun jika yg dimaksud ialah assembly/perakitan atau distributor perlengkapan sel surya, sejauhini sudah cukup banyak.

  5. Rizal Herawan

    Wah.. nggak nyangka linknya bisa jadi tulisan yang hebat.
    Gimana klo mas Adhi bahas juga mengenai a-Si (amorphous).
    Karena saya lihat a-Si mulai masuk pasar
    dan katanya untuk wilayah kita (Indonesia) bisa menghasilkan
    daya yang lebih baik dibandingkan c-Si dan Poly-Si.

  6. Sayah mingsih nyimpen 4 lembar Sel Surya ini, buwatan Ostrali kayaknya (lupa). Sayangnya sayah ndak punya perangkat untuk mengkonversi nya ke dalam aki… (ilang dalam pengiriman…)

  7. @ngodod #1

    Mek Buk di jakarta banyak.
    Kemaren sayah liyat harganya 13 jutaan….

    Tapi kalok situ ndak pernah keluwar negri, rasanya mubazir degh, kalok mbeli…

    Soale (setau sayah) baru mek buk nyang di homologasi buwat ngernet di dalem pesawat, disamping unsur bobotnya nyang ringan tentunya….

  8. bayu

    annyong haseyo…
    kalau mau eksperiment kecil2an tentang cell surya untuk tingkat mahasiswa bisa atau tidak?

  9. Adhi

    Kecil2an nya seberapa besar Mas Bayu?

    Kalau ada kalkulator bekas yg pake tenaga surya, copot aja tuh sel suryanya kemudian eksperimen. Tapi ya itu, eksperimen kecil2an yang dimaksud dengan Mas Bayu seberapa besar?

  10. Ashari

    mas mta informasi hrg panel surya yang baru dan second? merk yg basua apa aja?
    sekalian sm inverternya? saya sedang meneliti Solar cell untuk TA saya berdomisili di yogja

    Balasan

    Salam Mas Ashari.
    Dulu saya dapat info dari http://www.indonetwork.net
    Di sana bisa dicari segala bentuk produk termasuk produk energi sel surya. Dulu ada yg nawarkan seharga 5 Juta/100 Watt sel surya. Biasanya di toko yang sama juga menjual perangkat Balance of System -nya juga.

    Silakan di cek di :

    http://indonetwork.net/alloffers/Energy/Solar_and_Recycling_Energy/0/solar.html

    Selamat mengerjakan TA.:-)

  11. mau nanya, ada ga teori dan cara perhitungan solar sel, lengkap perhitungan jumlah modul, baterai, inverter, dan controller nya, karena saya mau merancang sel surya sebagai penerangan ruangan (lampu)

  12. Jika ada yang ingin informasi / produk sel surya di INdonesia bisa langsung HUbungi kami
    http://www.genius.co.id

    trims

    -edo-

  13. mo

    kalau cell surya yang murah meriah yaaa bisa dibikin dari TRANSISTOR JENGKOL(dari guruku SMA jadul)
    di buka kepalanya itu kaki2nya ada yang bisa ngeluaran Voltase 0,6 Volt tapi arusnya belum pernah tak ukur
    Transistornya yang sudah mati aja ya jangan yang masih hidup ( mahal)

  14. nenk aja

    Yang cari2 panel dan kelengkapannya bisa check di http://www.dutaniaga.co.id
    Dari panel, inverter dll bisa cari disini. Masih pada import punya barangnya. Dari yg merek china, mitsubishi ampe sharp. Buat charge control ada yg phocos and xantrex, plus morning star. Harga coba aja tawar….

  15. mumuj

    mas,
    tolong dikirimkan ke saya mengenai produk solar sel yg 50 wp, spesifikasi teknisnya, jenis kabel yang biasa digunakan dan jenis boks yang digunakan untuk menyimpan baterainya, terbuat dari apa yang bagus

    Salam Mas..
    Haduh, kalau yang merek2 spt itu saya kurang tahu. Namun bisa ditanyakan ke http://genius.co.id
    Itu toko yang jual-jual semua perkakas sel surya.
    Semua sel surya setahu saya cukup bagus. Jika ga yang bermerk, ya yang buatan China atau Korea.
    OK, selamat masang.

    Salam
    Adhi

  16. Johanes F

    We’re from SIAMEX Intravest Commercia Ltd wants to help your problem about solar cell 50 Wp please send me your email we give you all information and guestimate price thank you very much

  17. Joko

    Dear All,

    Dimana kita bisa dapetin TiO2 , SnCl2 & SnCl4 dan brp kisaran harganya.

    Salam
    Joko H

  18. iki

    boleh nga munculkan skema untuk rangkaian cell surya dari transistor jengkol lengkap dengan penguatannya….
    tapi penguatannya tanpa sumber, yang ada hanya input dan out put. jadi penguatanya itu tetap bekerja walaupun tak ada sumber, bisa langsung bekerja dari out put rangkaian cell surya dengan transistor jengkol….

    pleaseeeeee……., tolong dikirim di iron@maiden.com

  19. pure_ ansar

    mau tanya daftar jenis-jenis sel surya yang dijual di pasaran lengkap dengan efisiensinya??/ berhubung z lg menyusun TA dan harusnya memakai sel surya yang murah dan efisiensi yang tinggi…. mohon bantuannya n salam kenal smuanya……….

  20. Jual Solar cell
    10 WP Rp585.000
    20 WP Rp957.000
    50 WP Rp1.795.000
    80 WP Rp2.750.000
    100 WP Rp2.775.000
    Hubungi Okky HP 081542660644 (Purwokerto)

  21. Pingback: mke energi surya « 4frizon's Blog

  22. Jual Solar cell
    10 WP Rp585.000
    20 WP Rp957.000
    50 WP Rp1.795.000
    80 WP Rp2.750.000
    100 WP Rp2.775.000
    Hubungi Okky HP 081542660644(Purwokerto)

  23. Pingback: Mobil Mewah Terbaik Indonesia » Seo » online information » gehirngerecht.info

  24. Edy widarni

    Wah..Bung OKKY..aku baru sempat baca sekarang….apakah masih berlaku harga tersebut sekarang….dan apakah itu hanya panelnya saja atau lengkap dengan peralatannya???? So…bisa kirim gak ke tempat saya di Bangka Belitung…???

  25. ADIGOGON

    salam….
    maaf…agan – agan semua
    capek..dech…..
    coba kita pikirkan…
    sumber daya alam dinegara yang kita cintai ini cukup berlimpah
    karunia tuhan yang maha kuasa…..
    segala sesuatunya ada…
    cukup banyak anak – anak negri kita yang berpikiran jenius..
    cobalah…sudah seharusnya pemerintah kita itu meriset dan memfasilitasi anak – anak bangsa kita. jangan selalu kita itu menjadi konsumen bagi negara2 luar…. harusnya kita lah sebagai produsen produk inovasi….

    sedih banget rasanya…..
    oh…tuhan
    kami anak- anak bangsa bermohon kepadamu
    bukakan lah pintu hati kepada pemimpin – pemimpin bangsa kami
    agar bisa terpikir untuk mendorong dan mensupport anak – anak bangsa ini
    maju terus dengan inovasi terbarukan.
    bukakanlah pemikirannya bahwa hidup itu untuk kebersamaan , bukan untuk kepentingan sendiri ( emang mati bisa kubur sendiri )

    jangan yang dipikrkan hanya korupsi dan korupsi serta korupsi….

    salam semangat anak bangsa , jenius dan inovatif

  26. Ridho

    makasih info nya, ulasan agan benar sekali, di lokasi saya pakai merk buatan jepang dan type nya single crystal silicone sudah 16 tahun saya pakai alhamdulillah tidak pernah rusak sampai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s