Pemesanan Sel Surya untuk Penerangan Meningkat

Kompas, Senin 29 Agustus 2005

Bandung, Kompas – Setelah minyak tanah makin sulit didapat dan harganya meningkat di pelosok-pelosok Nusantara, pemesanan sel surya untuk penerangan di desa-desa terpencil yang belum terjangkau oleh penerangan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun meningkat. Salah satu distributor sel surya merek Solare, yang bekerja sama dengan pemerintah daerah di berbagai provinsi, mengalami peningkatan pesanan tahun ini. Sejak Januari 2005, produksi 700 unit sel surya selalu habis dipasangkan ke rumah-rumah di pedesaan.

”Kami baru bisa memproduksi 700 unit per bulan. Tapi, pemesanan terus meningkat dari jumlah itu, terutama setelah minyak tanah makin sulit didapat dan harganya makin mahal di desa- desa,” kata Anton Tirto, distributor Solare, di Bandung, (28/8).

Permintaan untuk menjadi agen pun bertambah bulan ini. Di antaranya datang dari Kalimantan Timur, Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

Solare juga sudah membuat kontrak untuk menerangi desa- desa di beberapa kabupaten di Kalimantan Timur, Kepulauan Nias, dan Jawa Barat (Jabar) untuk bulan September ini. Wilayah di Jabar yang desanya akan diterangi lampu antara lain di Cicalengka, Majalengka, Garut, dan Cianjur.

Sebelumnya masyarakat desa menerangi rumahnya di malam hari dengan lampu minyak tanah. Namun, dengan sel surya, paling tidak setiap rumah bisa mendapatkan penerangan setara 40 watt listrik PLN. Harga sel surya yang ditawarkan dari Rp 1,05 juta hingga Rp 4 juta. Sel surya bisa bertahan selama 20 tahun, asalkan tidak pecah panelnya.

Sel Surya yang disinari matahari sehari penuh bisa menyimpan energi untuk penerangan selama empat hari empat malam.

Selain digunakan untuk rumah di pedesaan, sel surya banyak digunakan oleh para nelayan untuk dipasang di perahu-perahunya saat melaut. Juga digunakan pada vila-vila yang disinggahi beberapa hari dalam sebulan sehingga mereka tidak perlu memasang listrik dari PLN.

”Karena masyarakat tidak membeli minyak tanah, pemerintah terbantu, sebab tidak perlu mengeluarkan uang untuk subsidi,” demikian Anton. (ynt)

(Digunting-tempel dari Kompas Jawa Barat)

3 Comments

Filed under Kliping Sel Surya

3 responses to “Pemesanan Sel Surya untuk Penerangan Meningkat

  1. Sayim Dolant

    Kalo implementasi…benar-benar go public, dan masyarakat (nelayan) bisa menikmatinya bisa efisiensi bahan bakar minyak pa.

    kira-kira implementasi produk bapak….mungkin enda dipromosikan untuk masyarakat pesisir atau masyarakat yang tinggal di kepulan (terpencil). coba pa bantu masyarakat pulau untung jawa (kab. kepulauan seribu)…sekarang kan sedang mengembangkan obyek wisatanya dan di kepulauan ini untuk keliling wisata kampung tersedia transportasi sepeda pedal alangkah indahnya jika teknologi sel suraya dikembangkan ke kendaraan roda empat sebagai pengganti sepeda pedal. selain itu untuk mengantisipasi keterbatasan pasokan listrik (giliran) milik pln yang disalurkan dari teluk gong ke pulau ini melalui bawah laut (pengkabelan) dan dapat terpenuhi pasokan penarangan penduduk, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kenyaman bagi para wisatawan yg berkunjung ke pulau untung jawa ini. Selain itu, konsep ramah lingkungan bebas polusi ini juga sangat cocok karena untuk mengurai suara bising dari kendaraan…sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung.
    Coba…pa penjajakan dengan pemdakab Kep. Seribu…mudah-mudahan dpt mempercepat proses pembangunan di Pulau Untung Jawa ini. Dan peluang ke depannya juga dapat mengggantikan transportasi perahu kayu bermotor bakar diesel yang saat ini masih dikelola oleh masyarakat teluk gong jakarta.
    terima kasih, wassalam

    Sayim dolant (021-91584206) esia

  2. mukhsina mar

    bagaimana caranya klo mau pesan….

  3. saya tertarik dgn penerangan rumah dgn panel surya. hal yg saya tanyakan apakah tdk memungkinkan utk peralatan tsb di tambah dengan inverter yng khusus utk mengcharger aki shg daya aki tdk terlalu di kuras pada penggunaan daya yg besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s