Sel Surya Berbahan Alami

Kompas, Rabu 18 April 2007

Surabaya, Kompas – Sel pembangkit listrik tenaga surya bisa dibuat dari bahan alami. Penggunaan bahan alami bisa menekan harga sehingga sel pembangkit listrik lebih terjangkau. Guru Besar Fotokimia ITS Syafsir Akhlus menuturkan, selama ini sel surya dibuat dari silikon. Harga silikon yang mahal membuat sel surya tidak terjangkau oleh sebagian besar publik.

“Itu menjadi penyebab sel surya susah dikembangkan. Padahal, listrik tenaga surya termasuk berpotensi besar karena Indonesia disinari matahari sepanjang tahun,” ujarnya di Surabaya, Selasa (17/4).

Karena itu, ia menguji pembuatan sel surya dari bahan alam yang lebih murah. Sel dibuat dengan menggunakan pelapis di antara dua kaca. Kedua kaca itu ditempel dengan oksida timah (SnO2) dan titanium oksida (TiO2). Pelapis itu juga ditambah dengan pewarna dari buah manji dan elektrolit.

Pewarna dapat digunakan untuk memperlakukan energi sebagai rekatan atau produk reaksi fotokimia. Bila suatu molekul menyerap foton (cahaya), maka elektron dalam keadaan dasar dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi (tereksitasi). “Elekron tereksitasi singlet bisa kembali ke keadaan dasarnya bila stimulus energi yang diberikan sudah tidak ada lagi,” kata Syafsir.

Saat elektron kembali ke keadaan dasar, bisa terjadi fluorensi dan fosforesensi. Kedua proses itu menghasilkan energi listrik. Energi dari proses itu bisa dialirkan ke pewarna melalui elektroda karbon. (RAZ)

(Digunting tempel dari Kompas)

2 Comments

Filed under Kliping Sel Surya

2 responses to “Sel Surya Berbahan Alami

  1. jeaux

    Saya tertarik dengan prospek sel surya tolong dong kasih gimana teknis pembuatan sel surya. lewat email

  2. joko

    sangat berpotensi, ehm.. boleh ksi tau dong dmana bisa mndapatkan SnO2 dan TiO2 secara instan? ataukah harus dipreparasi sendiri, saya sgt menghargai jawaban anda (ke email ya, hehe..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s