Unmuh Malang Pasok Listrik Sendiri

Republika, Rabu 13 Februari 2008

MALANG–Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Malang, Jawa Timur, menargetkan tahun 2008 mampu memenuhi kebutuhan energi sendiri sehingga tak lagi bergantung pada pasokan listrik dari PT PLN. Universitas tersebut mengembangkan beberapa sumber energi listrik di sekitar kampus. Rektor Unmuh Malang, Dr. Muhajjir Effendi, Selasa (12/2), mengungkap pihaknya sudah memulai membangun mikro hidro, solar cell dan biogas. Dia berharap pertengahan tahun 2008 program itu semua selesai sehingga seluruh kebutuhan listrik kampus tersebut bisa dipenuhi secara mandiri dari energi yang diproduksi sendiri.”Dalam satu hari, kampus ini membutuhkan sekitar 300 Kwh pada siang hari dan 60 Kwh pada malam hari. Klau produksi mikro hidro mencapai 100 Kwh ditambah solar cell, saya kira lebih dari cukup dan kelebihannya akan dipasok secara otomatis ke PLN dan didistribusikan kembali ke masyarakat luas,” katanya di Malang.Doktor lulusan Universitas Airlangga itu mengakui, dengan memenuhi kebutuhan listrik sendiri, kampusnya mampu menghemat biaya sebesar Rp 60 juta atau sekitar 25 persen dari total kebutuhan setiap bulan.

Namun, jika pembangunan mikro hidro dan solar cell sudah tuntas, maka pasokan listrik untuk kebutuhan siang dan malam hari bisa terpenuhi secara mandiri.Menurut dia, untuk kebutuhan diluar penerangan jalan seperti untuk laboratorium eksakta maupun komputer dipasok dari produksi mikro hidro dan kebutuhan penerangan disepanjang kampus akan dipenuhi dari produksi solar cell yang saat ini sudah diujicobakan dengan standar Penerangan Jalan Umum (PJU).

Ia mengakui, total kebutuhan dana untuk pembangunan mikro hidro di areal lahan seluas 3.000 meter persegi dan memanfaatkan sumber air brantas sebagai penggerak turbin itu sekitar Rp 4 miliar dari dana sharing yang nantinya juga dijadikan percontohan nasional Kementerian ESDM.Sebenarnya, kata Muhajjir, sebelumnya pembangunan mikro hidro juga telah dilakukan di Trawas Mojokerto dan Garut, namun belum berfungsi secara maksimal sehingga kementrian ESDM masih perlu menambah beberapa mikro hidro lagi yang salah satunya di kawasan Unmuh Malang.

”Rencananya akhir 2007 lalu kita luncurkan mikro hidronya, namun karena sekarang ada pengembangan sumber energi baru yang sedang dikembangkan yakni biogas dan solar sell, maka peluncurannya kita gabung saja dan kemungkinan baru pertengahan sampai akhir tahun 2008 tuntas seluruhnya.”(Di gunting-tempel dari Republika, Rabu 13 Febriari 2008 

4 Comments

Filed under Kliping Sel Surya

4 responses to “Unmuh Malang Pasok Listrik Sendiri

  1. ngodod

    mantap…
    mantap…
    jadi pengen

  2. Opid

    prkenalkan,sy ahmad adisuryo,,,sy seorang mahasiswa teknik elektro ITS,,lagi mengerjakan Tugas Akhir mengenai penggunaan sel surya untuk lampu penerangan jalan kalo ingin mencari info bisa menghub siapa yah? sy berencana studi banding ke unmuh malang..kalo ada yg bisa bantu tlg sy di email di ahmad_adisuryo@yahoo.com… matur nuwun sanget sebelumnya

    Balasan :

    Salam Mas Ahmad.

    Terima kasih kunjungannya.
    Nanti akan saya coba usahakan ke UM Malang untuk keperliuan tugas akhir ini.

    Wassalam
    ADHI

  3. pak saya yg lulusan stm listrik 1995 apa bs belajar ttg lstk tenaga surya ini saya tinggal di jl.phospat 84 malang

  4. Firman laoli

    Trims,atas infonya,saya ingin tahu lebih detil lagi,karna saya mau pasang di rumah saya yg di desa tapi di sumatera,gimana klu kita kerja sama,saya sekarang tinggal di malang, awal tahun saya pulang ke sumatera,bisa ketemu atau hub.saya firman laoli 081233027375; 03413139322.saya tunggu kabarnya. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s