Sel Surya Gagal Komersial – Pemerintah Tidak Punya Kemauan

Kompas Selasa, 29 April 2008

Jakarta, Kompas – Riset dan pengembangan teknologi sel surya sebagai sumber energi listrik terbarukan oleh LIPI gagal menuju komersialisasi. Mengantisipasi krisis energi karena harga minyak terus melambung, LIPI beralih fokus pada riset dan pengembangan sel bahan bakar dengan gas hidrogen. ”Teknologi sel surya tidak bisa secara penuh menggantikan bahan bakar minyak. Masih butuh teknologi baterai yang lebih efisien untuk menyimpan energinya,” kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Umar Anggara Jenie kepada Kompas, Senin (28/4) di Jakarta.

LIPI sejak tahun 1980 menetapkan riset dan pengembangan sel surya untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan energi (listrik) dari sumber energi terbarukan. Sel surya butuh sumber energi sinar matahari sebagai sumber terbarukan itu.

Salah seorang peneliti sel surya dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI, Ika Hartika Ismet, di Bandung ketika dihubungi kemarin menyatakan, sel surya sudah diteliti sampai tingkat efisiensi 10 persen dalam mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Standar efisiensi untuk bisa diproduksi komersial minimal 12-14 persen.

Tak ada kemauan

Menurut Ika, selama ini tidak ada kemauan pemerintah untuk mengaplikasikan dan mengomersialisasikan sel surya secara serius sehingga Indonesia ketinggalan dibandingkan Singapura atau Malaysia. ”Saya merasa tua di laboratorium. Tetapi, hasil riset dan pengembangan sel surya hanya berjalan di tempat,” katanya.

Untuk meningkatkan efisiensi dari 10 persen menjadi 12-14 persen tidaklah sulit. Menurut Ika, dibutuhkan perlengkapan plasma-enhanced chemical vapor deposition dengan harga di bawah 1 juta dollar AS.

Selain itu, secara teknis pembentuk sel surya berupa wafer silicon multikristal dengan ukuran 10 cm x 10 cm x 0,3 mm harus ditingkatkan, dari lifetime electron 1-1,5 mikro sekon (µsec) menjadi 5 µsec.

”Peningkatan kemampuan itu tidak butuh biaya yang tinggi, tetapi sampai sekarang tidak pernah ada investasi pengembangan sel surya,” kata Ika.

Menurut Umar, tidak hanya kelengkapan teknologi sel surya yang masih menghadapi kendala, tetapi faktor pendukung seperti baterai sebagai penyimpan arus listrik yang dihasilkan dari pengubahan sinar matahari tersebut sampai sekarang belum diperoleh teknologi yang optimal.

Akibat gagalnya sel surya, LIPI sekarang memfokuskan diri pada pengembangan teknologi sel bahan bakar. ”LIPI telah mengembangkan pembuatan membran sebagai media reaksi hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan energi,” ujar Umar.

Saat ini di beberapa negara seperti China sudah dikembangkan jenis kendaraan dengan sumber bahan bakar gas hidrogen dengan limbah paling ramah lingkungan, yaitu air murni.

LIPI sekarang mengembangkan kendaraan marlip (singkatan dari marmut listrik LIPI)—semula berbahan bakar listrik dari baterai, sekarang akan diganti dengan gas hidrogen. (NAW)

Di gunting tempel dari Kompas

7 Comments

Filed under Kliping Sel Surya

7 responses to “Sel Surya Gagal Komersial – Pemerintah Tidak Punya Kemauan

  1. kang4roo


    Makasih.. Info Yg Menarik…

    Kalo Mau Blog, Coba Liat Situs “Leoxa.Com”
    (Themenya Keren Abiss)

    Trims Mas Kang atas informasinya 🙂
    Tapi WP ini untuk sementara lebih dari cukup untuk nge-Blog…

  2. …”Saya merasa tua di laboratorium. Tetapi, hasil riset dan pengembangan sel surya hanya berjalan di tempat,”…

    Duh, nelongsooo bgt.
    Padahal di negeri kita, sinar matahari adlh sst yg sangat… sangat murah. Berlimpah.. 😕

  3. Rommy

    tapi saya lihat kemarin tayangan di SCTV ada SMK di Magelang mamp mengembangkan panel surya dengan biaya kurang dari 1 juta dengan hasil 1000Watt(bener ga tuh)..kalo iya kenapa ga dikembangin yang itu saja…….
    memang pemerintah kurang mendukung banget soal itu………..

  4. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://energi.infogue.com/sel_surya_gagal_komersial_pemerintah_tidak_punya_kemauan

  5. Yus M. Cholily

    Saya senang sekali baca artikel ini. Wah saya senang kalau ada panduan membuat panel surya sehingga bisa disosialisasikan ke masyarakat sebagai energi tepat guna. Itung-itung buat pengabdian pada masyarakat yang sekarang pada pusing mikir bahan bakar minyak bumi. Terima kasih

  6. Bahrul

    saya tertarik dengan artikel ini

    Saya juga penasaran setelah membaca artikel ini
    Mau tanya nih..
    Gmana sih proses pembentukan satu keping cell surya?
    Ada ndak di Indonesia yang sudah pernah buat?dimana n gmana caranya memperoleh informasinya?

    Kebetulan sekarang saya lagi melakukan sebuah penelitian tentan inverter cell surya
    kalo penelitian seperti itu apa dak ketinggalan, maksudnya dah basi gitu?
    sebelmnya saya ucapkan terima kasih atas penjelasannya.

    Salam Mas Bahrul…
    Terims atas perhatiannya.

    Mengenai pembuatan sel surya,
    pada umumnya sudah saya tuliskan di link berikut.

    Perlu diketahui, pembuatan sel surya cukup rumit. Sama rumitnya dengan pembuatan monitor LCD karena melibatkan teknologi dan industri semikonduktor. Melibatkan sebuah pabrik dengan sekian ratus karyawan (ini skala pabrik yang kecil), dengan investasi yang besar.
    Makanya jangan heran jika di Indonesia belum ada satu parbik sel surya pun, karena tidak ada investasi mengenai ini.

    Mengenai penelitian inverter.
    Selama inverternya memiliki nuansa inovasi, berbeda dengan yang lain dan memberikan kelebihan dibandingkan dengan inverter yang sudah ada, maka penelitian spt itu tidak akan ada “basi”nya krn ada sisi peningkatan kinerja inverter. So, saran saya, coba cari kelemahan inverter yang ada saat ini, dan usahakan inverter yang tengah Mas Bahrul buat memiliki sekian keunggulan baik teknis maupun harga.

    Salam
    ADHI

  7. deny

    selama minyak di dunia masih ada, mafia/kartel/bos/raja minyak tidak rela bila ada solusi sumber energi lain, mereka (they have a power) akan selalu menekan semua pemerintahan di dunia ini agar selalu menggunakan minyak bumi dan mengacuhkan sumber energi lain
    coba lihat Pemerintahan Amerika aj tak berdaya dengan tekanan mereka sehingga beberapa PLTN mereka tidak semuanya digunakan.

Leave a comment