Milad Blog Pertama….

Puji syukur, alhamdulillah,

Blog ini sudah menginjak tahun keduanya semenjak penulis luncurkan per 23 April 2007 lalu. Beranjak dari sebuah ‚keputusasaan’ memilih sebuah tema untuk nge-blog sekaligus tidak ingin terkena imbas „hari gini ‚ngga punya Blog?“, mulailah penulis memberanikan diri untuk menulis sebuah hal yang spesifik dan berkaitan langsung dengan aktifitas keseharian penulis; dunia sel surya. Artikel ini mungkin hanya sekedar sebuah flash back azbabunnuzul-nya Blog ini saya kerjakan. Sengaja tidak tepat di hari kelahiran-nya, takut disangka pengkultusan tanggal lahir plus TBC (tahayul-bid’ah-churafat) seperti KH. Ahmad Dahlan bilang 90 tahun-an lalu🙂

* * * *

Pada awalnya penulis ingin memiliki sebuah blog yang dapat merepresentasikan pemikiran-pemikiran pribadi, atau sekedar komentar dan ulasan-ulasan mengenai hal yang timbul tenggelam di tengah-tengah masyarakat. Simpel aja, kiranya dengan terjun langsung menghadapi beragam isu hidup dan memberanikan menggagas beberapa paragraf solusi disadari membawa seseorang (Blogger) setidaknya turut peduli dengan lingkungan sekitarnya melalui tulisan pada sebuah blog.

Namun setelah mempertimbangkan banyak hal, agaknya tidak terlalu istimewa jika penulis turut mengikuti arus dengan sama-sama membahas isu isu populer seperti yang jamak terpampang di belantara Blog. Blog yang mengikuti arus ini menjadi kurang unik, dan kurang memberi nilai lebih dalam hal alternatif informasi yang disajikan. Konsekuensinya, agaknya pikiran-pikiran kekinian dan kedisinian yang ada di benak kepala agaknya musti dipaksa untuk tidak muncul ke permukaan… minimal untuk saat ini.

Akhirnya terduduklah penulis di depan komputer sambl mencoba mengkalkulasi efektifitas dan efisiensi waktu, tenaga dan pikiran jika membuat sebuah blog spesifik, keilmuan, serius, dan ditulis dengan gaya populer. Sebutlah „idealisme“ yang sedapat mungkin dijaga dalam mengelola blog tersebut nantinya.

Spesifik karena ia merepresentasikan sebuah topik atau isu sangat khusus, tidak populer (meski relatif), tidak berkaitan dengan ketertarikan banyak orang. Kemudian dalam bingkai keilmuan yang mengedepankan sebuah atau beberapa disiplin ilmu, serius tidak mengada-ngada atau cengengesan yang dapat dirasa mengurangi bobot muatan informasi yang dibawa, dan musti dengan bahasa yang bisa dicerna banyak orang (populer) mengingat kespesifikan topik yang diusungnya, juga potensi pembaca Blog yang masyarakat awam pada umumnya.

Dari kalkulasi di atas, per 23 April 2007, munculah blog ini. Penulis beri nama „energisurya“ agar lebih mmdah dicerna dibandingkan dengan „sel surya“ atau istilah lain yang dirasa lebih wah semisal ‚fotovoltaik“ atau „solar cell“. Pernah juga nge-Blog di tempat lain namun melihat fsailitas yang ditawarkan oleh Woridpress, akhirnya penulis berketetapan hati mempublikasikan tulisan-tulisan tersebut di Blog WordPress ini.

* * * *

Saya tidak banyak menemui blog yang berbicara secara spesifik mengenai energi atau energi terbaharukan. Kalaupun ada, rasanya tantangan konsistensi aliran tulisan dari pembuatnya menjadi kendala serius untuk menjaga blog tetap eksis. Beberapa blog sempat saya temukan berbicara tentang sel surya namun sudah lama tidak menelurkan tulisan terbaru. Di tempat lain, ada yang membahas sel surya dan energi terbaharukan namun berbaur dengan tulisan-tulisan blog yang umum, misal, kliping koran, komentar pribadi atau aktifitas keseharian.

Setelah beberapa lama posting tulisan di Blog, ternyata sulit sekali menjaga konsistensi dan ‚idealisme’ awal menulis di sini. Seiring dengan waktu dan penglaman hidup yang sedikit bertambah apalagi di negeri seberang, ‚godaan’ menuliskan hal-hal lain kadang terasa sulit dibendung, apalagi memang hobi menulis sudah lama terpendam. Ditambah lagi dengan batasan yang dipakai ialah tulisan musti ilmiah populer dan yang sengaja ditulis dengan merujuk pada referensi sahih agar informasi dalam tulisan tersebut tidak dicap hoax oleh pembaca.

Tidak jarang untuk menulis sebuah artikel/tulisan, penulis harus bolak balik membaca buku referensi atau jurnal-jurnal terkait atau mencari koran/majalah online mengenai topik yang hendak digagas Hal ini juga karena penulis bertekad untuk tidak membuat blog yang cupy-paste atau sekedar terjemahan dari seumber berita manapun. Ya minimal ini disadari sebagai self-training atau penggemblengan diri menulis ilmiah populer, sebuah aktifitas yang sulit jika mengingat penulis harus membayangkan pendekatan bahasa apa yang dapat diapresiasi oleh pembaca awam.

Mengapa aktifitas menulis ilmu populer terasa sulit?

Penulis mengakui akibat seluruh literatur (buku, jurnal, koran, komuitas) yang dibaca dan dirujuk menggunakan bahasa Inggris, serta tingkat kedalaman pemahaman penulis dengan pembaca awam yang berbeda dalam hal-hal yang spesifik, penulisan sebuah topik menjadi lebih rumit dari yang terlihat. Dalam bahasa yang sederhana, pembaca awam lebih menyukai hal-hal yang sederhana, namun dalam pandangan penulis, penyederhanaan berarti penghilangan beberapa segi dari sebuah pembahasan. (Tidak heran ada yang berkata bahwa pakar = apa-apa dibuat sukar. Maaf, dan saya bukan pakar…..eheh.).

Penulis yakin bahwa mayoritas pengakses Blog ini bukan pakar sel atau energi surya, karena selain sudah mengenal betul seluk beluk ilmu dan teknologinya, mereka juga lebih menyukai untuk merujuk ke literatur seperti yang penulis sebut di atas.

* * * *

Setahun berjalan, perkembangan Blog ini agaknya cukup menggembirakan bahkan dalam beberapa sisi „cukup memuaskan“.Setiap harinya, halaman-halaman blog ini di lihat (view) rata-rata 120-150 kali pada hari kerja. Cukup lumayan untuk sebuah blog yang membahas isu spesifik seperti sel surya. Pada akhir pekan, rentang halaman-halaman Blog yang dilihat paling sedikit tercatat 40-70 kali dengan catatan terbanyak kira-kira 100-120 kali. Selain itu, setiap bulannya, terdapat kenaikan proposional dari hanya 196 kali dilihat (April 2007) hingga berturut-turut 754 (Sept 2007), 1050 (Okt 2007) hingga puncaknya 4258 (Maret 2008). Perlu diketahui, angka tersebut bukan angka pengunjung, melainkan angka yang menunjukkan berapa blog ini dilihat tanpa melihat berapa jumlah pengunjungnya.

Kata kunci atau keyword yang membawa pengunjung melihat Blog ini pada umumnya ialah sel surya, energi surya, pusat sel surya sebagaimana tercatat oleh WordPress. Selain itu, kata kunci pembangkit listrik tenaga surya, pembuatan sel surya, solar cell, energi surya, aplikasi sel surya, panel surya, harga sel surya, fotovoltaic dan sebagainya menghantarkan pegunjung ke Blog ini dari mesin pencari macam Google maupun Yahoo!.

Adapun artikel yang paling sering dibaca ialah Sel surya dan pemberdayaan masyarakat (Bagian Pertama), dengan jumlah dibaca 1412 kali, disusul dengan Ramai-ramai membangun hunian swadaya energi sebanyak 1025 kali dan Pembuatan Sel Surya Silikon : Sang Primadona sebanyak 923 kali. Penulis berspekulasi bahwa ada ketertarikan pengunjung dengan proses pembuatan sel surya dan aplikasi-aplikasi langsung-nya di masyarakat. Hal ini penulis juga percayai merupakan pola umum tipe pengunjung yang ingin mengetahui informasi dasar sel surya.

Beberapa halaman dan kategori sengaja penulis buat untuk lebih menggali seluk beluk dunia sel surya secara komprehensif meski agaknya perlu usaha yang lebih keras lagi. Untuk memudahkan mencari berita-berita tentang sel surya, Kliping Sel Surya yang berisikan kumpulan-kumpulan berita teknologi maupun aplikasi sel surya di Indonesia penulis sertakan. Beberapa kategori umum mengenai artikel-artikel di Blog ini dipilah-pilah ke jenis Aplikasi Sel Surya untuk menggagas potensi pemanfaatan sel surya di Indonesia, Aspek Sains dan Teknologi Sel Surya yang meninjau sel surya dari sisi sains atau teorinya, dan Pembuatan Sel Surya yang ditujukan untuk membuka mata kita mengenai rumitnya proses pembuatan sel surya selain Ceritaku/MyBlog yang berisikan aktifitas keseharian di Laboratorium/kampus.

Selain itu, untuk keperluan pribadi penulis yang hendak mencari tahu sejauh mana masukan atau apresiasi masyarakat Indonesia terhadap sel surya, pemulis mendesain kolom Konsultasi sebagai kolom tanya jawab maupun kolom interaksi penulis dengan pengunjung Blog. Alhamdulillah, tidak hanya tanya jawab saja yang mengalir, namun beberapa informasi mengenai kondisi terkini energi terbaharukan maupun aplikasi nyata sel surya di Indoneisa berhasil penulis peroleh selama setahun ini. Dari sini pula, penulis semakin paham bahwa sejatinya, masyarakat kita sudah sangat sadar mengenai energi dan aksi antisipasi jikalau energi konvensional berbahan dasar fosil sudah pada titik kritis.

Terakhir, demi merangkum dan mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan yang selalu dilontarkan pengunjung Blog mengenai sel surya, penulis membuat kolom terbaru yakni FAQ Sel Surya yang berisi jawaban atas pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengunjung. Mulai dari definisi, penemu, jenis, harga serta apa-mengapa-bagaimana-nya sel surya secara ringkas ditulis di kolom ini. Rencana penulis ialah selalu memperbaharui (update) kolom FAQ ini karena materi yang sudah ada masih belum merangkum seluruh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui Blog.

Akhirul kalam, besar harapan penulis jika nantinya informasi dari Blog ini dapat menjadi salah satu rujukan informasi sel surya di Indonesia. Semoga dengan saling berbagi informasi melalui Blog kecil ini, perlahan-lahan pengetahuan tentang sel surya dapat terus memasyarakat dan kita dapat mengambil manfaat dari teknologi sumber pemanfaatan energi terbaharukan ini dalam waktu dekat.

7 Comments

Filed under Blog

7 responses to “Milad Blog Pertama….

  1. mas adhi, selamat ultah blognya.🙂
    senang nih bacanya. diam-diam saya menikmati juga kok dan berharap nanti mulai ada yg dikirim ke media populer. (atau sudah?).

    Salam mas Wid… Terima kasih nih kunjungannya.

    Wah… saya masih terkesima dengan “MIT Open Ware” ( http://www.mit.edu ) Mas Wid… so ilmu yang di sini ini masih saya ‘gratiskan’ dan tidak ditujukan demi menambah usang saku dulu… Kalau nanti kepepet, nah baru deh.🙂
    Sampai ketemuan nanti…
    Salam

  2. Dian SAS

    Ka Adhi, Selamat Ulang Tahun buat blog-nya
    Semoga Blog-blog sejenis ini (termasuk blog suami maksudnya :p) bisa memberikan solusi untuk masalah energi di Indonesia😉
    Semoga cepet lulus ya ka Adhi biar ‘elmunya bisa cepet diaplikasikan di Indonesia tercinta (rasa nasionalis-nya muncul menyambut hari kebangkitan nasional ni :p)

    Salam Tante Dian SAS….
    Sepp… nanti aplikasinya nunggu presiden ganti deh…. heh..
    Makasi komen-nya. Salam buat Ghazy..

  3. Assalamu’alaikum Bang Adhi..met milad blog-nya, menjadi penyemangat untuk menjadi produktif. hampir menyerupai Bang Adhi, tapi kalo saya sampai sekarang masih terjebak dalam kebelumfokusan dan kebelumkonsitenan. Namun masih “terngiang” kok pesen Bang Adhi untuk kelak ku mau sharing kelimuan dalam blog..semoga cepat terealisir..amin

    Cheers

  4. heri koesnadi

    hebat…hebat…

  5. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Taxicab

  6. mas…, kok dah jarang updet lagi…???? *kompor mode on*

  7. assalamualaikum😀
    wuah, nemu blognya pak adi..hehehe

    ~ widhi sangju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s