Sel Surya Buatan Dalam Negeri Justru Dipesan Luar Negeri

Jumat, 10 Oktober 2008 | 17:01 WIB

JAKARTA, JUMAT – Sel surya dari industri dalam negeri yang sedang dirancang Wilson Walery Wenas dari Institut Teknologi Bandung, dengan investor Bakrie Power dan investor dari Amerika Serikat, justru sudah dipesan pembeli dari luar negeri. Pemesanan sebesar 10 megawatt (MW) datang dari Spanyol dan harus bisa dipenuhi Mei 2009. Sementara itu, pemesanan dari konsumen dalam negeri sama sekali belum ada, padahal kapasitas produksinya 90 MW per tahun.

Wilson ketika dihubungi Kompas dari Jakarta, Kamis (9/10), mengatakan, lokasi industri sel surya yang masih tahap persiapan itu berada di Cikarang, Jawa Barat, dengan nama perusahaan Nano-PV. Jenis sel surya yang akan diproduksi berupa sel surya generasi kedua, yaitu sel surya thin film (lapisan tipis) dari hasil temuan Wilson yang kini sudah dipatenkan.

“Teknologi yang saya temukan itu nanti akan digabungkan dengan teknologi dari Amerika Serikat,” kata Wilson.

Termurah di dunia

Harga komersial sel surya yang diharapkan, menurut Wilson, bisa mencapai 0,8-0,9 dollar AS per watt. “Harga demikian akan menjadikan sel surya Nano-PV menjadi yang termurah di dunia,” kata Wilson.

Beberapa waktu sebelumnya, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman mengatakan, industri sel surya memiliki produk akhir yang ramah lingkungan. Akan tetapi, pada proses pembuatannya harus dicermati karena tergolong tidak ramah lingkungan.

Menanggapi persoalan ini, Wilson mengatakan, pembuatan sel surya pada generasi pertama diakui memang tidak ramah lingkungan. Penggunaan logam berat merkuri masih dominan.

“Namun, tidak demikian halnya untuk produksi sel surya generasi kedua yang tidak mengandalkan penggunaan logam berat merkuri,” kata Wilson menjelaskan.

Menurut Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Arya Rezavidi, kebutuhan dalam negeri terhadap sel surya sebetulnya cukup tinggi. Pada tahun 2025, pemerintah menargetkan pemanfaatan energi yang berasal dari sel surya mencapai 800 megawatt. Padahal, kapasitas terpasang saat ini baru mencapai 10 megawatt.

Dengan target yang cukup ambisius tersebut, menurut Arya, semestinya setiap tahun pemerintah menargetkan penginstalan sel surya dengan kapasitas 40 megawatt. Namun, target ini belum tercapai. (NAW)

Sumber : Kompas, Jumat 10 Oktober 2008

23 Comments

Filed under Kliping Sel Surya

23 responses to “Sel Surya Buatan Dalam Negeri Justru Dipesan Luar Negeri

  1. p'deb

    pak adhi, kalau bisa alamat cikarang, jawa baratnya diperjelas ya, beserta contacnya.
    mungkin saja ada yang tetarik memesan lewat info blog ini.
    lebih bagus kalau ada penjelasan minimal order.

    seorang technopreneur pasti tertarik, tapi semoga bukan hanya soal uang, tapi tentang peradaban.

    saya tunggu infonya ya pak. trims.

  2. ahmad

    kiranya bpk ada info berapa harganya tuk pasaran Indonesia. Insya Allah sangat berguna di daerah2 terpencil. Kita bisa membuat kerjasama dengan pemda bersama lembaga2 donor untuk program listrik masuk desa.
    Tq

    Salam Mas Ahmad.

    Mengenai harga sel surya, saya sudah memaparkannya di artikel “Menakar harga sel surya”.
    Silakan di lihat-lihat artikelnya, mudah-mudahan ada yang bermanfaat.🙂

    Wassalam
    ADHI

  3. jakas

    setahu saya sel generasi pertama tidak ada yang pake merkuri tuh.

  4. L-Arch And Shield

    disosialisasikan ke negara …
    ato iklan di tipi – tipi .
    biar laku …
    AKU CINTA PRODUK INDONESIA !

  5. Pak bisa tau berapa harga dan pesan dimana ?

  6. Sangat bagus apabila pemerintah bisa langsung menggunakan sel surya untuk kepetingan PLN dan untuk mengejar program listrik 10 rb watt dan saya pingin tau berapa harga sel surya untuk konsumsi rumah tangga semisal 900 watt atau 1.300 watt/butuh berapa lembar sel surya, untuk mendapatkan sel surya diwilayah jatim atau jateng dimana (toko).

  7. asSalaamu’alaykum,
    bagaimana kelanjutannya ya?
    Sekarang sudah bln juli. Apakah sudah terealisasi ?
    Semoga janjinya terpenuhi. Dalam bisnis, kalaw gagal maka sulit utk mendapat pesanan lagi.
    Apalagi pesanan dari luar negeri. Nama bangsa jadi taruhannya.
    Kita hanya mampu berharap. Untuk mendapat informasi terakhir saja, tidak tahu harus tanya siapa.
    Munkinkah kpd rumput yg bergoyang!
    DirJen. Listrik dan Pemanfa’atan Energi “mengasuh” ClearingHouse yg ada forumnya dan sudah ada 9ribu lebih registered users. Sayangnya, hanya ada satu post article.
    Silahkan diperiksa:
    Anggota Forum no.urut: User#9499
    tapi belum menerima email aktivasinya.
    Sudah kami tanyakan berulang kali melalui menu “Hubungi Kami” tapi tak bergeming.
    Kepada siapa hrs mengadu?

    • Mengadulah kepada Tuhan, di Indonesia internet cuma tempat guyonan mas. Apalagi yang dibuat oleh pemerintah, cuma pajangan supaya tidak dibilang gaptek atau ketinggalan jaman.

  8. Pingback: Comment: Sel Surya Buatan Dalam Negeri Justru Dipesan Luar Negeri « TenagaSurya

  9. ramelan

    Saya juga belum mendengar beritanya, apakah pesanan sel surya buatan Indonesia oleh Spanyol sudah dikirim ? Kalau tidak salah diberita yang saya baca akan dikirim pada bulan Mei 2009. Sekarang sudah bulan Januari 2010. Kalau tidak keberatan saya sebetulnya mau juga order kecil2an untuk praktikum kalau sudah difabrikasi dalam bentuk modul atau panel sel surya. Siapa yang harus saya kontak, apakah ada Marketing Division-nya. Mohon bantuan teman2 yang dapat memberikan informasi yang saya butuhkan ini. Thanks dan jayalah Indonesia.

  10. pure_ ansar

    mw nanya bisa ngga minta smua spesifikasi sel surya yang d produksi??? berhubung saat skrg ni z lg nyusun skripsi tentang sel surya….. tp hanya perencanaan jd z harus sebisa mgkn menggunakan sel surya yang paling murah….. tp jg dengan spesifikasinya lengkap……. mohon bantuannya. klo ada yang bisa bantu mohon kirin k alamat http://www.purnamaansar87@yahoo.com

  11. Sulit utk mendapatkan info tentang hal tsb.
    Ataw kami yg kurang canggih search nya?

  12. lia

    Dear Pak Adhi,
    Sel DSSC memang prosfektif sekali untuk sumber energi masa depan. sayangnya DSSC ini tidak cocok diterapkan di daerah panas. karena ketidaktahanan komponennya terhadap panas tinggi… seperti elektrolit cairnya, dye (apalagi kalau pakai dye alami..) bagaimana ya untuk penerapannya di Indonesia yang berada di daerah equator? trims

    • Adhi

      Salam Mba Lia…

      Sejah ini DSSC oke koq. Kelemahannya itu hanya ada jika penggunaannya dalam waktu panjang yang relatif memang tidak sebaik sel surya yang padatan misal silikon. Saat ini sealing nya juga sudah bagus. No problem. terlbih harganya yang murah cukup “menutupi” kelamahan yang ada… jadi tinggal pilih saja, yang mahal dan tahan lama, atau yang murah dengan pemakaian yang lebih pendek. jadi jika dijual di Indonesia, cukup menjanjikan koq.
      kalau dye alami, ya memang belum bagus, dengan catatan masih dalam penelitian. Dan belum optimal. Bisa sajajika penelitian dye alami trus kontinu, pasti akan ada hasil yang menggembirakan.

  13. irni

    dimana saya bisa beli buat kebutuhan rmh tangga?????
    please give us an information

  14. Ada info lengkap di: http://alpensteel.com
    Disana ada forum-nya juga, silahkan bergabung.

  15. me

    Pak…saya ingin bertanya,
    jadi sekarang di Cikarang, Jawa Barat, perusahaan Nano-PV nya sudah beroperasi belum?? koq kalo saya searching di internet yg muncul adalah nano-PV perusahaan amerika..
    mohon informasinya…

  16. Saya baru tau ada pabrik solar panels di indonesia, semoga ini bisa memberi banyak manfaat kepada masyarakat indonesia pada umumnya

    • Pecinta Energi Terbarukan mengatakan:
      September 7, 2011 pukul 11:37 am
      Saya baru tau ada pabrik solar panels di indonesia, semoga ini bisa memberi banyak manfaat kepada masyarakat indonesia pada umumnya

      Hanya “kabar burung” rupanya.
      Lumayan daripada tidak ada kabarnya sama sekali.

  17. Thanks intended for supplying these great post.

  18. Untuk 2015, apa kabar Thin Film buatan pak Wenas ini, sudah mulai diproduksikah?

    Hitung kebutuhan PV anda secara online di http://janaloka.com/support/solar-pv-calculator/pv-investment-calculator/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s