PVCDROM, Layanan Pengetahuan Sel Surya secara Interaktif dan Komprehensif

Beberapa waktu lalu, dikala penulis berselancar di internet untuk mencari bahan keperluan mengajar mata kuliah “Energy Materials” untuk mahasiswa S1 tingkat senior di kampus, saya menemukan sebuah website yang secara komprehensif memuat seluk-beluk sel surya (jenis silikon). Tidak hanya komprehensif memuat informasi sel surya untuk kalangan pemula/awam website ini juga disertai dengan animasi dan video mengenai apa dan bagaimana teori dasar tentang sel surya maupun bagaimana proses pembuatannya secara lebih detil.

Website tersebut ialah PVCDROM, lengkapnya Photovoltaic CD ROM yang dapat diakses di http://pvcdrom.pveducation.org/ . Jika ditelusuri dibagian bawah, website ini dikelola oleh Christiana Honsberg dan Stuart Bowden serta didanai oleh National Science Foundation (NSF), sebuah lembaga pendanaan riset nomor wahid di Amerika Serikat. Menilik siapa sponsornya, saya yakin website ini sangat terpercaya untuk menyampaikan seluk beluk selurya untuk pemula. Terlebih, website ini tinggal diakses tanpa ada prosedur pendaftaran keanggotaan terlebih dahulu.

(Hmm… saya kira blog sederhana ini yang didanai oleh keringat sendiri sangatlah jauh dari isi web tentang sel surya kompetitor semacam PVCDROM ini. Satu satunya “keunggulan” dari Blog ini saya yakin adalah karena bahasa penyampainya yang menggunakan Bahasa Indonesia…🙂 )

Sebelum melongok ke website PVCDROM, coba lihat dulu kupasan dan pandangan penulis mengenai website tersebut, anggaplah sebuah “bedah website”.

PVCDROM memang ditujukan untuk pendidikan. Target pengunjungnya saya kira ialah kalangan pelajar menengah, anak kuliah yang baru diperkenalkan konsep teknologi sel surya atau kalangan masyarakat awam yang ingin mengenal seluk beluk sel surya. Mirip dengan Blog penulis ini sebenarnya. Hal ini mengingat informasi yang lebih bersifat kualitatif yang ditampilkan. Persamaan maupun hitungan matematis yang ditampilkan pun sangat praktis dan tepat sasaran ketika menjabarkan –misalnya- kurva efisiensi sel surya (kurva I-V).

iv4

(Sebuah gambar yang dikutip dari animasi kurva I-V pada website PVCDROM yang menjabarkan mekanisme terjadinya kurva I-V pada sel surya. )

Logika urut dalam menjabarkan sebuah pengetahuan agaknya dipelihara dengan konsisten. Semisal, sebelum kita belajar sel surya, maka dasar-dasar semikonduktor seperti pembuatan wafer silikon, sambungan pn, doping, difusi dan sebagainya pun dikupas secara apik, mudah dipahami oleh pengunjung. Lebih dari itu, pengunjung juga diajak untuk menjelajah ke dunia cahaya, radiasi sinar matahari hingga metode pengukuran intensitas cahaya matahari. Agaknya, ada harapan dari para pembuat PVCDROM ini agar masyarakat dapat memahami betapa peliknya meneliti di dunia energi terbaharukan atau sel surya karena banyak aspek yang mutlak dikaji sebelum sampai pada bentuk sel surya.

mvc-564f

(Alat pemotong silikon wafer di sebuah pabrik sel surya)

Yang cukup berkesan ialah ketika PVCDROM juga menyertakan bagaimana proses pembuatan sel surya silikon dalam bentuk video streaming. Biasanya, proses pembuatan sebuah produk di pabrik selalu dirahasiakan karena berkaitan dengan kemampuan dan sekaligus rahasia metode apa yang dipergunakan oleh pabrik yang bersangkutan. Namun, di dalam PVCDROM, kita diajak untuk melihat bagaimana sebenarnya proses pembuatan sel surya jenis silikon secara detail dan lebih „hidup“ melalui video. Meski penulis pernah berkunjung ke pabrik sel surya silikon dan melihat langsung proses pembuatannya, namun jelas, ini sangat berharga untuk penulis karena dapat menambah bahan mata ajaran dengan menyertai beberapa video dan animasi yang diadaptasi dari PVCDROM.

Saya pernah berujar di dalam sebuah kesempatan di depan kelas kepada mahasiswa-mahasiswa saya,

“Jika kalian mempelajari isi website PVCDROM, kalian sudah lulus 50% dari seluruh kuliah Energy Materials ini..“.

Hal ini karena secara obyektif, seluruh informasi umum mengenai sel surya dan pendukungnya sudah dijelaskan secara apik oleh PVCDROM. Nah!

🙂

Singkat saja, silakan kunjungi PVCDROM, ambil manfaat dan pengetahuannya dan silakan beimajinasi akan sebuah pabrik sel surya yang berisikan para ahli sel surya anak negeri, berdiri di tanah air kita. Mudah-mudahan sudah dipelopori. Kalaupun belum, doakan saja agar kita juga dapat bermain di bidang energi terbaharukan.

Amiin.

7 Comments

Filed under Pendidikan Sel Surya

7 responses to “PVCDROM, Layanan Pengetahuan Sel Surya secara Interaktif dan Komprehensif

  1. alfaromeo

    mudah-mudahan dapet A+ =)

  2. An

    makasih,
    ada yang mau saya tanyakan nih?

  3. rachmi

    assalamualakum wr. wb
    saya mau menanyakan sesuatu

    1. di indonesia tepatnya dia daerah bandung sekitarnya
    adakah penelitian/ study grup tentang pemanfaatan dan pembuatan/perakitan sel surya?karena saya sangat tertarik dengan pembahasan ini dan ingin bergabung.
    2. kalau ada apa saja persyaratannya serta informasi mengenai perkembangan pemanfaatan surya sel
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  4. De

    Terima kasih ya…
    saya semula ingin tau tapi aga sulit, beruntung dapet blog dan link PVCDROm, Alhamdulillah…

  5. Muslich Supriadi

    sudah saya coba tapi kok ga ada bahasa indonesianya, terima kasih sebelumnya.

  6. wiatna

    rencana saya sales solar cell untuk indonesia tapi saya bingung untuk oil @ gas kapasitasnya harus di atas 5 s/d 1o MW dan harus mampu kontinyu 24 jam untk power plantnya,mampukah bersaing solar cell menyuplai kestabilan power karena kestabilan produksi listrik mengandalkan keadaan alam bagaimana caranya solar cell sebagai pembangkit primer dan di lapangan oil.gas and batubara kemungkinan solar sell untuk menggantikan Genset juga bs terganggu karena bila tertutup dengan abu batubara/embun cuaca 11 derajat dan curah hujan 3 hari sekali bukankah itu mengurangi daya produksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s